Bukan hanya peserta didik yang perlu dievaluasi. Gurupun wajib dievaluasi. Caranya? Salah satu cara dapat dilakukan dengan mengadakan angket Sosiologi Kelas XI Tahun ajaran 2012/2013 SMAK Santa Maria Malang. Ada tiga kelas XI IPS yaitu, S1, S2, dan S3. Jumlah peserta didik lebih kurang 30-an. Agar dapat membaca angket S1, artinya XI IPS 1, S2, artinya XI IPS 2 dan S3, artinya XI IPS3, lalu T artinya total ketiga kelas.
Dibawah ini hasil angket dalam konteks proses belajar mengajar dan penilaian :
Dibawah ini hasil angket dalam konteks proses belajar mengajar dan penilaian :
1. Selama belajar Sosiologi “Out of The Box”
di SMAK Santa Maria Malang, saya cocok belajar dengan cara …
a.
Mencari kata-kata kunci (S1=6, S2=11, S3= 9,T=
26)
b.
Membuat peta pikiran (S1=13, S2=11, S3=4, T=28)
c.
Membuat soal pilihan ganda (S1=3, S2=1, S3=5, T=9)
d.
Membuat soal uraian (S1=6, S2=9, S3=12, T=27)
e.
Menyusun Teka Teki Sosiologi (S1=9, S2=4, S3=2,
T=15)
2. Proses belajar Sosiologi “Out of The Box”
di SMAK Santa Maria Malang itu …
a.
Cara mengajarnya monoton (S1=2, S2=4, S3=0, T=6)
b.
Metode penyampaian bervariasi (S1=19, S2=5, S3=20,T=44)
c.
Kebanyakan tugas-tugas (S1=9, S2=9, S3= 0, T=18)
d.
Menggali potensi siswa (S1=4, S2=12,S3= 7,T= 23)
e.
Membuat belajar saling beradaptasi (berbagi) (S1=3,
S2=6,S3= 5, T=14)
3. Tugas-tugas Sosiologi “Out of The Box”
menurutku dapat mengembangkan bakat, potensi, dan ketrampilanku …
a.
Membuat Film (S1=15, S2=21, S3=12, T=48)
b.
Teka Teki Sosiologi (S1=9,S2= 6,S3= 3, T=18)
c.
Peta Pikiran (S1=9,S2= 3,S3= 4, T=16)
d.
Mencari kata-kata kunci (S1=3,S2= 4, S3=7, T=14)
e.
Membuat Soal-soal (S1=1,S2= 2, S3=6, T=9)
4. Penilaian Sosiologi “Out of The Box” di
SMAK Santa Maria Malang menurutku …
a.
Saya dapat mengetahui nilai (S1=18, S2=24, S3=20,T=
62)
b.
Saya tidak dapat mengetahui nilai (S1=2, S2=1, S3=2,T=
5)
c.
Proses penilaian disampaikan kepada siswa (S1=17,
S2=9, S3=9, T=35)
d.
Proses penilaian tidak transparan (S1=0, S2=2,S3=
1, T=3)
e.
Proses penilaian pilih kasih (S1=0, S2=0, S3=0,
T=0)
5. Proses belajar mengajar Sosiologi “Out of
The Box” di SMAK Santa Maria Malang …
a.
Membuat boring (S1=4, S2= 6, S3= 1, T=11)
b.
Aku sering bĂȘte (S1=2, S2=1,S3= 4, T=7)
c.
Menantang (S1=2, S2=3, S3=5, T=10)
d.
Penuh kejutan (S1=19, S2=9, S3=3,T= 31
e.
Metodenya beragam (S1=10, S2=17, S3=19, T=46)
6. Manfaat yang diperoleh dengan beragamnya
tugas yang diberikan (TTS, Membuat Film, dll) …
a.
Meningkatkan kerjasama (S1=8, S2=14, S3=10, T=32)
b.
Menjalin hubungan dekat dengan teman (S1=5, S2=6,
S3=5, T=16)
c.
Membangun kelompok solid (S1=3, S2=1, S3=2, T=6)
d.
Mau mendengarkan pendapat orang lain (S1=5, S2=7,
S3=2, T=14)
e.
Menghasilkan ide baru yang kreatif (S1=16, S2=8,
S3=13, T=37)
7. Hal yang paling berkesan positif bersama
Sosiologi “Out of The Box”…
a.
Menulis kata-kata bijak (S1=3, S2=5, S3=5, T=13)
b.
Menyusun TTS (S1=9, S2=6, S3=8, T=23)
c.
Membuat Film (S1=20, S2=23, S3=19, T=62)
d.
Lain-lain (S1=5,S2= 2, S3=0, T=7)
0 komentar:
Posting Komentar