Pages

Rabu, 03 September 2014

Analisis Sosial Perubahan Sosial


Sebagai penutup pembahasan bab Perubahan Sosial peserta didik diajak untuk membuat analisis sosial berdasarkan liputan. 
Sumber analisis sosial ialah Majalah Intisari 

Perubahan Sosial Analisis 5W + 1H
(Intisari:.bulan extra profesi/thn 2012)

What : apa (dibuat paragraf terdiri dari lima sampai tujuh kalimat)
Who : siapa pelakunya (dibuat paragraf terdiri dari lima sampai tujuh kalimat)
When : kapan terjadinya (dibuat paragraf terdiri dari lima sampai tujuh kalimat)
Where : dimana (dibuat paragraf terdiri dari lima sampai tujuh kalimat)
Why : mengapa/alasan terjadinya perubahan sosial (dibuat paragraf terdiri dari lima sampai tujuh kalimat)
How : bagaimana terjadinya (dibuat paragraf terdiri dari lima sampai tujuh kalimat)

Penutup
Perubahan Evolusi/Revolusi
Perubahan Direncanakan/Tidak Direncanakan
Faktor Perubahan Internal/External
Pola Perubahan Siklus/Menyebar/Mengerucut/Linier
Dampak Perubahan Sosial Westernisasi (+) (-), Modernisasi (+) (-), Globalisasi (+) (-)


What
  Perpindahanpekerja televisi. Makin bertambah jumlah televisi di Indonesia. Otomatis persaingan antartelevisi tidak bisa dihindari. Tayangan menarik, segar, edukasi, dan inspiratif jadi tuntutan.
Who
  Dunia pertelevisian selain pemodal butuh karyawan. Karyawan memiliki peran penting dalam mengolah tayangan televisi. Karyawan merupakan tim. Tim merupakan konsekuensi karena televisi adalah kerja tim bukan individu.
When
  Kepindahan karyawan televisi jika ditayakan kapan (waktu) maka ada beberapa jawaban. Kontraknya habis dan tidak diperpanjang atau karna ada tawaran lebih menarik. Juga karena suasana kerja.
Where
  Indonesia sebagai negara berkembang maka menjadi incaran pemodal. Indonesia bagi pemodal merupakan negara potensial. Selain luas wilayah negara, jumlah penduduk sangat besar. Lebih menarik lagi negara Indonesia memiliki tingkat konsumtifnya tinggi.
 Why
Ada beberapa alasan karyawan televisi pindah. Pergantian kepemilikan saham mayoritas. Iklim berkreasi. Tawaran gaji menggiurkan. Masih ada alasan lain yaitu memudarnya chemistry antarkaryawan memudar. Ruang kreatif makin sempit.
 How
 Kependahan karyawan televisi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Individu pindah sendiri sendiri. Atau ditarik oleh televisi lain. Ada juga pindah secara tim. Kindahan tim karena sudah terbangun klik diantara individu.
Penutup
Kepindahan karyawan bisa perubahan sosial evolusi jika dilakukan secara individu. Tetapi jika dilakukan secara tim itu bisa dikategorikan revolusi. Karena perpindahan itu bisa mengubah seluruh alur tayangan dan isi. Bagi karyawan pindah televisi lebih banyak direncanakan. Televisi mana hendak dituju. Gaji lama berapa, gaji baru berapa. Nanti akan memberikan acara baru apa ditempat baru. Faktor internal lebih menjadi pendorong pindah televisi. Ingin berkembang. Suasana kerja lebih kondusif. Ruang kreatif luas.   Pola perubahan siklus. Karena pekerja televisi harus menyesuaikan diri dari nol. Mengingat tempat kerja baru. Suasana baru. Dan, visi misi baru. Dampak perubahannya ialah lebih modern kreatifitas lebih tersalurkan. Produksi makin segar. Tayangan makin menarik. Nilai edukasi bertambah kuat.

0 komentar:

Posting Komentar