Pages

Senin, 04 Agustus 2014

Bab I Perubahan Sosial


Materi Sosiologi kelas XII IPS tahun ajaran 2014/2015 Sekolah Menengah Atas
PERUBAHAN SOSIAL


Standar Kompetensi   :    Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar       :  Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat.                                   
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.       Memberi contoh berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.
2.       Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
3.       Memberikan contoh faktor pendorong perubahan sosial.
4.       Mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat perubahan sosial.

Alokasi Waktu        : 12  x 45’

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o  mendeskripsikan pengertian perubahan sosial
o  mengidentifikasi bentuk-bentuk perubahan sosial
o  mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial.
o  menjelaskan akibat dari perubahan sosial
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Toleransi,  Disiplin , Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,  Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.

B.  Materi Pembelajaran

Regina Ivanova Juara Indonesian Idol 2012

Seperti yang kita ketahui bahwa Regina Ivanova adalah juara Indonesian Idol 2012 .Sejak awal regina mengikuti kontes ini,dara Pemilik suara merdu itu pun  merupakan sosok paling dijagokan oleh para juri untuk menjuarai Indonesian Idol 2012
Regina Ivanova lahir pada tanggal 4 Desember 1986 di Jakarta. Walaupun sempat gagal sebanyak 6 kali ketika mengikuti kontes indonesia idol, itu tidak memupuskan harapan  Regina Ivanova untuk menjadi yang terbaik dalam kontes yang hampir kerap kali diadakan setiap tahun itu .
Sebelum mengikuti Indonesian Idol 2012 Regina adalah seorang marketing disebuah perusahaan swasta. Regina pun sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengolah vokal  karena Regina sering bernyanyi di beberapa café di Jakarata.
Penampilan Reginna di atas panggung kerap kali mendapat pujian oleh ketiga juri yang menjuluki diri mereka sebagai ‘Triple A yaitu Ahmad Dhani, Agnes Monica dan Anang Hermansyah bahkan Regina kerap kali menjadi world trending topic seusai penampilannya diatas panggung spektakuler.
Hingga menurut juri sekaliber Anang Hermansyah menyatakan bahwa dirinya mempunyai potensi sangat  luar biasa untuk menjadi seorang diva, dan tidak hanya diva tanah air tetapi Asia bahkan Dunia ujarnya.
Regina menjadi juara Indonesian Idol tahun ini setelah mendapatkan poling terbanyak yang di voting oleh seluruh masyarakat Indonesia melewati dukungan Sean pada acara grandfinal Idol pada tanggal 7 juli 2012 silam.
Banyak pelajaran berharga yang dapat kita ambil dari pengalaman Regina kali ini.Kesuksesan adalah pilihan, untuk mendapatkanya dibutuhkan perjuangan, dedikasi, serta  pantang menyerah dan selalu berdoa pada sang kuasa.
Sumber : http://www.showmyband.com/News-detail/biografi-regina-ivanova-juara-indonesian-idol-2012/
Masyarakat memiliki hukum kepastian tentang perubahan. Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan sosial. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat tentu berkaitan erat dengan perubahan budaya. Sebab terdapat hukum kausalitas sosial-budaya yang menerangkan bahwa tidak ada masyarakat tanpa budaya, dan tidak ada budaya tanpa adanya masyarakat. Perubahan sosial meliputi unsur-unsur  kelompok-kelompok sosial, nilai dan norma sosial, pola perilaku, interaksi sosial, stratifikasi sosial. Sedangkan perubahan budaya meliputi perubahan tujuh unsur budaya universal yang meliputi sistem religi,sistem organisasi sosial, sistem ekonomi, sistem kesenian, sistem bahasa, sistem pengetahuan dan sistem teknologi.
 Pengertian perubahan sosial
Ada beberapa ahli yang memberikan definisi tentang perubahan sosial :
  1. Gillin and Gillin menjelaskan bahwa perubahan sosial adalah perubahan tentang cara-cara hidup yang telah diterima baik kondisi geografis,kebudayaan material,komposisi penduduk, ideologi maupun penemuan-penemuan baru. Contoh : bekerja dikantor sekarang buka usaha sendiri di rumah
  2. Kingsley Davis menjelaskan perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Contoh : dulu suami yang bekerja sekarang, wanita atau perempuan pun bekerja.
  3. Selo Soemarjan menjelaskan perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat yang  berpengaruh pada sistem sosial,sikap dan perilaku kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat. Contoh : adanya lembaga KPK, KY, Komnas Perlindungan Anak
  4. Samuel Koening menjelaskan perubahan sosial adalah modifikasi tentang pola-pola kehidupan manusia baik karena sebab internal maupun eksternal. Contoh : Hari kerja senin sampai jumat. Sabtu libur maka makin banyak tempat rekreasi.
Berdasar beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di masyarakat. Unsur-unsur yang berubah meliputi kelompok-kelompok sosial, nilai dan norma sosial, pola perilaku, interaksi sosial, stratifikasi sosial serta kekuasaan dan wewenang.
 Teori- teori perubahan sosial
Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat telah memunculkan perhatian secara mendalam dari kalangan ilmuwan sosial. Sebab  bagi  ilmuwan  sosial  perubahan sosial  merupakan  kenyataan  yang  menarik  untuk  dikaji  baik  secara proses maupun hasil.  Secara  proses   berkaitan  erat  dengan  jalannya  perubahan dan arah perubahan yang terjadi. Secara hasil berkaitan dengan sejauh mana dampak perubahan yang terjadi bagi masyarakat. Mengingat kompleknya persoalan perubahan sosial, akhirnya muncul beberapa teori tentang perubahan sosial.
Teori Perubahan Sosial
1.   Teori Evolusioner
Teori ini menjelaskan bahwa semua masyarakat akan mengalami perubahan dari tahap perkembangan awal menuju tahap perkembangan akhir. Berdasar teori evolusioner  apabila perubahan yang terjadi memasuki tahap terakhir, maka pada saat itu perubahan evolusioner berakhir.  Oleh sebab itu teori evlusioner berpandangan bahwa perubahan sosial yang terjadi di masyarakat   memiliki arah yang  jelas dan tetap. Contoh sekolah


Ada beberapa tokoh penting dalam teori evolusioner:
a.    Agus Comte
Teorinya sering disebut dengn Hukum Tiga Tahap. Dalam pandanganya bahwa masyarakat akan mengalami perubahan melalui tiga tahapan yaitu 1).tahap teologis   ( theological stage ) yaitu tahapan berpikir masyarakat yang masih didasarkan pada nilai-nilai supernatural  2).tahap metafisik (methaphisycal stage) yaitu tahapan berpikir masyarakat yang lebih bersifat abstrak  3). Tahap positip ( positive or scientific stage ) atau ilmiah yaitu tahapan berpikir masyarakat yang berdfasarkan pada kenyataan dan didukung oleh ilmu pengetahuan.
b. Gerhard Lenski
Menurut Lenski masyarakat akan berubah dari masyarakat pra industri menuju  masyarakat industri dan berakhir pada masyarakat pasca industri. Dalam pandanganya perubahan sosial terjadi ditandai oleh gejala-gejala perekonomian yang ada pada suatu masyarakat.
c. Herbert Spencer
Menurut Spencer masyarakat akan berkembang secara evolusi melalui tahapan yang berawal dari kelompok suku yang homogen dan sederhana, menuju tahap masyarakat modern yang kompleks. Perubahan sosial dalam pandangan Spencer lebih ditekankan pada perubahan tingkat kemajemukan aspek kehidupan suatu masyarakat baik yang berkaitan dengan masalah sosial,ekonomi,budaya,maupun pola interaksi yang terjadi di masyarakat.
Dalam pandangan kaum evolusioner  perubahan sosial bahwa perubahan sosial mempunyai arah yang jelas, tetapi berjalan secara bertahap. Penyebab perubahan lebih ditekankan pada persoalan teknologi yang dikembangkan oleh masyarakat

2.  Teori Siklus
Penganut teori siklus berpendapat bahwa tahap perubahan yang dilalui masyarakat tidak berakhir pada tahap terakhir yang sempurna,melainkan berputar kembali ke tahap awal untuk peralihan selanjutnya. Dengan kata lain  masyarakat berkembang seperti roda: kadang naik ke atas, kadang turun ke bawah. Tohoh-tokoh teori siklus adalah :
a. Oswarld Spengler (1880-1936)
Dalam pandanganya  bahwa setiap peradaban besar mengalami proses pentahapan kelahiran-pertumbuhan-keruntuhan. Dengan demikian setiap masyarakat akan mengalami perputaran dari ada menjadi berkembang kemudian mengalami kehancuran.
b. Pitirin Sorikin (1889-1968 )
Dalam pandanganya setiap peradaban besar masyarakat berada pada siklus tiga sistem kebudayaan yang berputar tanpa akhir. Perputaran tersebut meliputi : 1).kebudayaan ideasional (ideational culture) yaitu kebudayaan yang didasarkan oleh nilai-nilai dan kepercayaan terhadap unsur adikodrati (supernatural2).kebudayaan idealistis           ( idealistic culture ) yaitu kebudayaan yang merupakan gabungan antara unsur adikodrati dengan rasionalitas. Gabungan kedua unsur tersebt melahirkan masyarakat yang ideal. 3).kebudayaan sensasi  (sensate culture) kebudayaan masyarakat yang menjadikan sensasi sebagai tolok ukur dari kenyataan dan tujuan hidup.
Teori dia sering disebut teori dinamika sosial budaya.
c. Arnold Toynbe ( 1889-1975)
Arnold Toynbe adalah sejarawan Inggris. Menurut dia bahwa peradaban besar berada dalam siklus kelahiran, pertumbuhan, keruntuhan dan kematian. Dalam pandanganya kelaoran peradaban besar oleh suatu masyarakat sebagai jawaban atas tantangan yang dihadapi.
Teori siklus lebih menekankan perputaran suatu peradaban masyarakat dari lahir,tumbuh,kemudian mengalami kehancuran. Sehingga arah perubahan yang terjadi belum mempunyai arah yang jelas.
3. Teori Fungsional
Teori fungsional lebih menekankan pada usaha memelihara sistem sosial secara   menyeluruh, bukan mengubahnya. Maka teori ini lebih melihat perubahan sosial sebagai sesuatu yang mengacaukan keseimbangan. Teori menekankan pada keseimbangan dan stabilitas.
a. Talcott Parson
Menurut Parson masyarakat mengalami perubahan disebabkan oleh faktor endogen dan eksogen. Faktor endogen adalah faktor yang berasal dari masyarakat itu sendiri seperti kepribadian, kebudayaan dll. Sedang faktor endogen adalah faktor yang berasal dari luar sistem sosial. Misalnya interaksi sosial dengan masyarakat lain.
b.    Smelser
Menurut Smelser perubahan sosial di masyarakat terdapat empat faktor yaitu struktural untuk berubah, dorongan untuk berubah, mobilisasi untuk berubah, pelaksanaan kontrol sosial.
Pada dasarnya teori fungsional lebih menekankan pada keseimbangan dan stabilitas masyarakat. Perubahan sosial dianggap mengacaukan keseimbangan. Sehingga teori ini tidak melihat adanya arah perubahan yang terjadi di masyarakat
4. Teori Konflik
Teori konflik menekankan adanya konflik sebagai faktor terjadinya perubahan sosial. Berbeda dengan teori fungsional yang menghendaki keseimbangan dan stabilitas dan menghindari perubahan sosial,  teori ini lebih menekankan terjadinya perubahan sosial. Perubahan sosial merupakan sesuatu yang harus diwujudkan di masyarakat. Faktor utama yang mendorong terjadinya perubahan sosial adalah adanya konflik yang terjadi di masyarakat. Sehingga teori ini menekankan masyarakat sebagai subyek perubahan.
Karl Marx
Menurut Marx perubahan tidak saja dianggap normal, tetapi justru dibutuhkan dan terus didorong untuk menghilangkan ketidakadilan.



Menurut teori konflik,perubahan sosial merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Untuk mewujudkan ke arah tersebut, dalam masyarakat harus terwujud adanya konflik. Berdasar teori ini bentuk perubahan masyarakat yang dikehendaki adalah revolusioner. Arah perubahan bisa positif maupun negatif.
D.  Proses Perubahan Sosial
Menurut William F.Ogburn perubahan sosial yang terjadi di masyarakat melalui tiga  proses.
  1. Discovery ( penemuan )
Menurut Koentjaraningrat discovery adalah suatu penemuan dari unsur kebudayaan yang baru, baik suatu alat atau gagasan baru dari seseorang atau sejumlah orang. Ralp Linton berpendapat bahwa setiap penambahan pengetahuan yang dimiliki masyarakat adalah discovery.
Dengan demikian dapat dikatakan discovery adalah suatu penemuan baru baik ide maupun alat  yang dapat mempengaruhi kehidupan  masyarakat.
2.    Invention yaitu penggunakan temuan baru dalam kehidupan. Invensi dapat dibagi menjadi dua yaitu invensi material ( telepon,televisi,pesawat terbang dll ) dan invensi sosial seperti huruf abjad,sistem pemerintahan yang konstitusional,perusahaan dll.
Proses suatu temuan baru menjadi invention melalui tiga tahapan. Pertama disebut basic invention yaitu proses penjajagan suatu temuan baru dalam kehidupan. Kedua disebut improving invention yaitu penerimaan awal suatu unsur baru dalam kehidupan. Ketiga disebut applied invention yaitu suatu penerimaan temuan baru dalam kehidupan bermasyarakat.
3.    Difusi yaitu penyebaran unsur-unsur budaya dari suatu kelompok ke kelompok lain. Difusi dapat berlangsung baik dalam masyarakat maupun antar masyarakat. Sehingga suatu difusi dapat terjadi jika terjadi hubungan antar masyarakat satu dengan lain.
Secara proses disfusi memiliki beberapa cara :
a.Langsung atau direct diffusion yaitu proses penyebaran temuan baru yang dilakukan seseorang atau  kelompok secara langsung.
b.Estafeta atau indirect diffusion yaitu penyebaran temuan baru secara   bergantian
c.Melingkar-lingkar atau circle diffusion yaitu penyebaran temuan baru yang berbelit-belit dalam waktu yang sangat lama. Hal ini sebagai akibat perbedaan peradaban yang terlalu jauh antara kelompok penyebar dan masyarakat yang menjadi obyek difusi.
Beberapa cara difusi :
1. Langsung     A                       B
2. Estafeta        A                       B                       C                      D
3. Melingkar-lingkar     A                                                                  B




Selain adanya beberapa cara, difusi dalam prakteknya mempunyai beberapa bentuk :
  1. Symbiotic yaitu pertemuan antara individu-individu dari satu masyarakat dan individu-individu dari masyarakat lainya tanpa mengubah kebudayaan masing-masing.
  2. Penetration pasifique yaitu masuknya kebudayaan asing dengan cara damai serta tidak melalui paksaan. Contoh : penyebaran agama Islam di Indonesia.
  3. Penetration violente yaitu masuknya kebudayaan asing dengan paksaan baik berupa penjajahan maupun peperangan. Contoh: selama penjajahan di Indonesia Belanda memaksakan penggunaan bahasa Belanda di sekolah-sekolah maupun di kalngan birokrasi

0 komentar:

Posting Komentar