Pages

Kamis, 13 Maret 2014

Lagu "Indonesia Bagi KemuliaanMu"



INDONESIA BAGI KEMULIAAN-MU
Yesuslah Tuhan yang layak ditinggikan
layak disembah oleh suku-suku bangsa
dengan darah-Mu Kau tebus dosaku
genapi Tuhan atas negeriku

Hatiku rindu melihat kemuliaan-Mu
hatiku rindu melihat curahan kuasa-Mu
di tanah tercinta negeriku Indonesia
kuberdoa Indonesia penuh kemuliaan-Mu
Indonesia, bagi kemuliaan-Mu

(* Ya Allahku nyatakan kemuliaan-Mu
Ya Allahku nyatakan curahan kuasa-Mu
di tanah tercinta negeriku Indonesia
kuberdoa Indonesia penuh kemuliaan-Mu
Indonesia, bagi kemuliaan-Mu *)

 
1.)  MAKNA LAGU
Lagu tersebut bermakna setiap suku bangsa yang ada di Indonesia adalah bagian dari karya Tuhan dalam hidup. kasihNya bagi kita ditunjukkan melalui perbuatanNya yang ajaib dengan ciptaanNya. Keanekaragaman yang ada di Indonesia sebagai salah satu wujud karya kasih Tuhan. Hanya saja manusia tidak menjaga dengan baik apa yang sudah Tuhan karuniakan. Seringkali manusia membeda-bedakan satu dengan yang lain. Seperti ras, suku, dan bangsa.
Seharusnya sebagai manusia kita harus mencintai keanekaragam yang datangNya dari pada Tuhan. Melalui apa yang sudah Tuhan berikan pada kit dapat dimanfatkan dalam hal yang baik. Seperti mencintai sesama secara tulus tanpa memandang perbedaan yang ada. Selain itu kita juga dapat melstarikan keanekaragaman budaya yabg ada.
Dengan begitu maka bangsa Indonesia akan dapat bersatu dan tercipta damai sejahtera dalamNya walaupun terdiri dari beranekaragam masyarakat dan kebudayaannya masing-masing. Saling melengkapi, saling mengasihi, saling membantu dan bekerja sama dalam banyak hal. Itulah harapan dari lagu tersebut melalui doa agar Indonesia dipenuhi oleh kemuliaan Tuhan.

2.) SIKAP MASYARAKAT
Dalam menghadapi konsekuensi sosial yang ditimbulkan oleh adanya masyarakat multikultural, kita sebagai warga Negara yang baik harus mengembangkan sikap kritis yang bersifat membangun (konstruktif) demi tercapainya apa yang disebut dengan integrasi sosial. Dengan tercapainya integrasi, maka stabilitas dan harmonisasi dalam kehidupan masyarakat akan terwujud dengan sendirinya.
Sikap kritis yang dimaksudkan adalah bentuk sikap kita yang berupaya untuk merespon segala bentuk perbedaan dan keragaman dalam budaya, suku bangsa, kepribadian, ras, dan yang lainnya sebagai bentuk penghormatan kita atas segala perbedaan tersebut. Sikap kritis ini misalnya dapat kamu lakukan dalam lingkungan sekolahmu, ketika ada beberapa temanmu yang berasal dari keluarga yang berkecukupan mencoba untuk memaksakan kehendaknya dalam sebuah pertemuan kelas demi keuntungan pribadi mereka. Hendaknya kamu sebagai warga kelas yang baik, harus dapat menolak perbuatan itu dengan memberikan pertimbangan-pertimbangan mengenai perbedaan kondisi yang ada di dalam kehidupan kelas kamu. Sehingga segala kepentingan dari golongan apapun yang ada di kelasmu dapat terakomodasi dengan baik, dan tidak menimbulkan perpecahan.
            3.) KPRIBADIAN BERDASARKAN LIRIK
            Kepribadian  masyarakat dalam lagu tersebut adalah mendoakan bangsa Indonesia yang merupakan bangsa dengan keanekaragamn budaya agar penih dengan kemuliaan Tuhan. Penuh damai dan cinta ksih. Melalui masyarakat bangsa Indonesia. Agar melalui perbedaan yang ada dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi perkembangan bangsa Indonesia. Dan menjadi bangsa yang diberkati Tuhan.

Oleh : 1. Kathleen XIS2/24
2. Merta Wulansari XIS2/26

0 komentar:

Posting Komentar